KARBURATOR TPFC



KARBURATOR TPFC
(Tracient Power Fuel Control)


1.      KONSEP DASAR KARBURATOR

Karburator
adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. 

 Fungsi dari karburator :

1. Merubah bahan bakar cair menjadi gas/kabut.
2. Mencampur bensin dan udara dengan perbandingan yang tepat sesuai kebutuhan mesin.
3. Menyuplai cairan bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar.

2.      PRINSIP KERJA KARBURATOR
         Tekanan atmosfir
         Kevakuman
         Prinsip kerja venturi
1. Tekanan atmosfir
    Tekanan atmosfir adalah tekanan udara yang berada disekitar kita.
2. Vacum                     
    Vacum adalah keadaan tidak ada udara sama sekali/hampa dalam satu ruangan tertutup.
3. Venturi
    Venturi adalah penyempitan suatu ruangan sehingga tekanan udara menurun, sebaliknya
     kecepatan udara menjadi naik.

3.      KOMPONEN-KOMPONEN KARBURATOR
1.  Ruang bakar
2.  Choke valve
3.   Piston valve
4.  Main jet
5.  Slow jet
6.  Piston valve screw
7.  Pilot screw
8.  Pompa akselerasi




4.   FUNGSI KOMPONEN KARBURATOR

1. Ruang bakar
    Ruang bakar pada karburator adalah ruangan untuk menampung bahan bakar.
    Volume bahan bakar di dalam ruangan bahan bakar dikendalikan oleh pelampung dan
    jarum pelampung.

2. Choke valve
    Berfungsi untuk memperkaya bahan bakar, terutama pada saat mesin dalam kondisi dingin.

3. Piston valve
    Berfungsi untuk : Merubah putaran mesin, mempertahankan kecepatan mesin (kendaraan)
    pada beban yang berbeda
Dilengkapi dengan jarum skep/jet needle untuk mengatur bahan bakar yang keluar dari saluran utama.

4. Main jet
    Main jet berfungsi untuk menyuplai bahan bakar yang sesuai pada berbagai tingkat
    kecepatan mesin.

5. Slow jet
    Berfungsi untuk menyuplai bahan bakar kedalam silinder pada saat putaran mesin langsam.

6. Piston valve screw
    Berfungsi untuk mengatur besar kecilnya posisi piston valve (gas) pada saat mesin pada
    putaran langsam

7. Pilot screw
    Berfungsi untuk mengatur jumlah aliran udara untuk mendapatkan campuran yang tepat
    pada saat putaran langsam

8. Pompa akselerasi
    Berfungsi untuk menambah bahan bakar saat mesin mengalami perubahan kecepatan
    putaran, dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi.



5.      PEMBAHASAN “KARBURATOR TPFC”

Karburator Trancient Power Fuel Control (TPFC)
terdapat di dekat karburator pada sepeda motor GL Pro dan GL Max yang merupakan system supplai bensin pada saat sepeda motor dipercepat.

Saat handel gas diputar agak mengejut, ada tambahan suplai bensin melalui lubang TPFC sehingga jumlah bensin yang masuk ke mesin lebih banyak dibandingkan dalam keadaan mesin tidak dipercepat (normal).

Tujuan system TPFC untuk mengimbangi jumlah udara yang masuk ke msin saat dipercepat. Jumlah udara tersebut relative lebih banyak dibandingkan pada saat motor berputar normal.
Fungsi menyuplai bahan bakar tambahan untuk menghindari penurunan tenaga mesin karenacampuran mesin saat skep dibuka secara tiba-tiba.



6.   KOMPONEN-KOMPONEN  KARBURATOR TPFC :

1.Accelerator Nozzle
2.Outler Check Valve
3.Inlet Check valve
4.Accelerator pump Diapragm
* Katup gas menutup : Membran bergerak ke atas, inlet check ball membuka dan outlet check
                                      ball menutup, bensin di ruang pelampung terhisap ke ruang membran.
*Katup gas dibuka     : Membran menekan bensin di ruang membran inlet check valve
                                     menutup dan outlet check membuka. Bensin akan keluar melalui
                                     nozzle menuju ruang bakar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOPLING

MOTOR BAKAR 2 TAK